BIAYA AKUISISI PELANGGAN

10391445_743075059103958_6337081471708929239_n

Pernahkah Anda mendapat voucher belanja 10 ribu rupiah tanpa syarat minimum pembelian saat pembukaan gerai suatu minimart? Atau voucher 100 ribu rupiah di toko online, dengan minimum belanja 300 ribu saja? Berlaku untuk semua produk, termasuk yang telah didiskon 50% sekalipun. Jika dihitung-hitung, tentu saja tak akan untung transaksi tersebut. Apalagi jika dikalikan dengan ribuan atau ratusan ribu orang yang menggunakan voucher tersebut. Trus kenapa mereka mau melakukannya? Karena itu adalah cara pemasaran yang tokcer mengonversi calon pelanggan.

 

Masih ingat materi “5 Jurus Jitu Dongkrak Profit”? Jika belum baca, bisa download ebook gratisnya disini >> www.store.yukbisnis.com.

Jumlah Prospek x Nilai Konversi (%) = Pelanggan.

Prospek (Lead) adalah mereka yang tertarik produk Anda, tapi belum beli.

Pelanggan adalah mereka yag berhasil Anda (konversi) untuk membeli.

Biaya Akuisisi adalah biaya untuk menarik pelanggan baru.

Total Biaya Promo
Biaya Akuisisi = ————————-
Pelanggan Baru

Misal: Anda beriklan ke media, brosur, spanduk, dan lainnya, senilai 10 juta. Hasilnya adalah 100 pelanggan baru. Biaya akuisisi/orang = 100 rb.

 

Hasil yang serupa bisa didapatkan dengan sebar voucher 100 ribu untuk menarik orang beli. Mungkin juga dengan voucher 50 ribu sudah cukup untuk menarik mereka membeli. Bisa jadi hasil konversinya lebih besar dari cara pertama. Banyak perusahaan retail hingga operator seluler menerapkan sistem akuisisi seperti bagi-bagi kartu perdana di suatu event untuk menggait pelanggan baru. Cara seperti ini setidaknya efektif untuk menciptakan ‘buying experience’ alias pengalaman belanja di suatu tempat atau menggunakan suatu produk.

 

Intinya: Sebelum mengeluarkan budget iklan yang besar, pikirkan cara lain yang lebih tokcer dan murah untuk memperbesar konversi.

1. Aplikasi untuk UKM contohnya, buka warung makan:
• Minum Gratis.
• Bayar Semaunya.
• Voucher Makan 20 ribu.

2. Untuk camilan, katering:

Diskon abis Paket Hajatan >> promo ke seluruh peserta hajatan, dibayari oleh 1 orang. Pastikan ada informasi merek dan kontak perusahaan Anda di kemasannya.

3. Fashion >> Diskon abis dan rekrut dropshipper dan reseller dengan diskon besar. Gak untung pun sudah terhitung untung produknya dibeli dan dicoba.

 

Hati-hati: tak semua promo cocok untuk akuisisi, misalnya:
Promo Salon, “Potong 10X, Gratis Krembat” >> Lha nyoba 1X aja ragu, apalagi 10X.

 

PR: amati contoh-contoh promo, mana menghasilkan konversi yang besar menurut Anda..

Komentar

About Author

Jaya Setiabudi

Bukan ustad, bukan motivator, juragan ajah.. | Pengarang buku best seller The Power of Kepepet & Kitab AntiBangkut | Pendiri Young Entrepreneur Academy | Owner Yukbisnis.com | Pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun | Contact person: 082121204555

Attachment