Biaya Trial Error

trial error.022

Kenapa banyak bermunculan pengusaha muda dan kaya?
Karena mereka tak mengulang kesalahan para pendahulunya.

Coba perhatikan perjalanan rugi saya:

1998 : buka usaha industrial supply, bangkrut dalam 3 bulan, karena cashflownya seret. (saya tuliskan di Kitab AntiBangkrut)

2002 : buka rumah makan, tutup dalam 1 tahun 2 bulan, rugi 170 juta. >> Salah lokasi dan salah target pasar (atau juga salah produknya).

2002 : buka jasa design grafis, ditipu dan hampir masuk penjara.

2003 : buka distribusi produk otomotif (aditif) bertahan 3 tahun, tersebar di 6 kota, piutangnya gak tertagih dan sebagian besar dibawa kabur. Rugi sekitar 250 juta.

2005 : tutup usaha yang sudah dirintis sejak ’98 dan rugi 1,8M.

Itu belum semua, tapi lumayan buat kuliah, tentu juga lahir bisnis-bisnis lain yang untung.

Meski sejak tahun 2000-an saya gemar berburu ilmu, baik dari buku, seminar, bahkan training yang belasan juta, tapi belum ada ilmu-ilmu bisnis praktis untuk skala UKM. Materi pemasaran yang saya ikuti kebanyakan hanya cocok untuk perusahaan multinasional, yang anggaran promosinya miliaran. Gak pas..!

Tahun 2006 mulailah marak seminar bisnis praktis dan lahirlah para miliarder-miliarder belia.

Jika Anda saat ini akan atau sedang memulai bisnis dan masih pakai cara Trial Error, itulah cara terkonyol untuk belajar. RUGI DUIT, RUGI WAKTU..!

“Kalo mau ‘membuat’ kesalahan, mbok ya yang kreatif, jangan serupa dengan pendahulumu…”

About Author

Jaya Setiabudi

Bukan ustad, bukan motivator, juragan ajah.. | Pengarang buku best seller The Power of Kepepet & Kitab AntiBangkut | Pendiri Young Entrepreneur Academy | Owner Yukbisnis.com | Pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun | Contact person: 082121204555