DARURAT NASIONALISME

Tulisan Arif Gampang Utomo, pemilik RESPIRO.co.id.
Diedit oleh Tim Yukbisnis.

20 tahun lalu Australia mengalami hal yang serupa (dengan Indonesia). Mereka diserbu produk Jepang dan Cina yang harganya lebih murah dibanding buatan dalam negeri. Sampai akhirnya para UKM berkumpul dan sepakat untuk membuat GERAKAN melabeli produk lokal dengan ‘AUSTRALIAN MADE AND OWN‘ (AMO); produk yang dibuat di Australia dan atau dimiliki oleh orang Australia.

Produk dengan label AMO tersebut dikenal sebagai produk yang berkualitas, yang berlabelkan ‘Jaminan Mutu’. Bagusnya bangsa Australia dengan bangga lebih memilih barang AMO dibanding barang impor yang lebih murah. Daripada menguntungkan segelintir importir, mereka memilih mengkonsumsi produk dalam negeri yang jelas lebih berdampak manfaatnya bagi negara.

Mungkin, mereka yang mayoritas non muslim lebih bisa mengamalkan konsep ‘keberkahan’, dibanding kita di Indonesia yang lahir ‘ceprot’ sudah muslim.

Yubimall adalah salah satu wadah bagi kita semua untuk mengamalkan konsep keberkahan dalam bisnis kita. Apalagi ada Mas J (Jaya Setiabudi), yang selalu siap mementori kita, agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan ‘ngangenin’.

Diperlukan standarisasi produk dan proses produksi yang baik, agar produk teman-teman yang dipasarkan di Yubimall memenuhi standar minimum yang ditetapkan (dibanding produk di luar Yubimall).

Hal ini akan memunculkan kebangggan pada kita saat belanja di Yubimall, karena kita mendapatkan produk yang lebih baik dan lebih bisa diandalkan dibanding di ‘marketplace’.

Mudah-mudahan kita semua bisa mengamalkan konsep ‘keberkahan’ dalam bisnis kita, agar kita lebih bermanfaat bagi sesama, bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri. Aamiin..

Attachment