GURU YANG PANTAS DITIRU

Alhamdulilaah.. saya dipertemukan dengan para guru yang memegang teguh value, salah satunya adalah Guru NLP saya, Dr. R.H. Wiwoho. Beliau satu-satunya Guru NLP di Indonesia yang mendapat endorsement langsung dari kedua pendiri NLP, yaitu John Grinder dan Richard Bandler.

Meski beliau disebut sebagai Guru dan Founder NLP Indonesia, namun tak akan Anda temukan 1 pun copy-ads beliau yang menggunakan ‘sensasional offer’ alias penawaran yang berlebihan. Bahkan selama lebih dari 5 tahun terakhir, beliau sudah tak pernah mengiklankan di media lagi, kecuali yang terpampang di website indonlp.com, serta email dan sms ke para alumni saja.

Beliau tak menggunakan teknik copywriting yang sering disebut ‘Hypno-Selling’ dengan tujuan agar closing hari itu juga. Salah satu ‘staff karatan’ beliau, Mbak Yayuk, juga tak pernah melalukan persuasi agar saya segera mendaftar, kecuali sekadar pemberitahuan agenda training mendatang.

Aneh kan? Lebih aneh lagi jika saya mengaku murid beliau, namun saya tak memegang teguh Value yang beliau ajarkan. Silakan juga Anda cari iklan training Founder NLP, John Grinder atau Richard Bandler, maka Anda tak akan menemukan ‘persuasi’ berlebih, selain informasi yang seharusnya konsumen dapatkan saja.

Keinginan mendapatkan hasil instan dan tak imannya seseorang dengan konsep rejeki yang berkah, membuat seseorang melalukan manipulasi.

Suatu saat saya bertanya kepada Pak Wiwoho, “Pak Wi, bagaimana dengan murid Pak Wi yang menerapkan ilmu Bapak dengan salah kaprah?”. Beliau menjawab, “Pohon mangga yang unggul sekalipun, tak semua buahnya manis, kadang ada yang masam atau berulat.”

Beda jaman, beda cara. Ya benar..! Metode dan media boleh berubah, namun Value haruslah tetap sama.