Perang Bawah Sadar

“Kenapa banyak orang mau mengikuti suatu aliran sesat atau yang ‘Anda anggap’ tak benar?”

Jika dibalik pertanyaan itu akan menjadi:

“Kenapa mereka tak mau mengikuti aliran Anda, yang ‘Anda anggap’ benar?”

Lepas dari aliran/agama/pendapat yang menurut Anda benar, coba analisa bagaimana jalan mereka mau menerima suatu ajaran.

Menyalahkan adalah hal yang mudah.
Mengoreksi dan memperbaiki diri tidaklah mudah.

Keyakinan ada di Bawah Sadar. Pikiran (alam sadar) hanya berpengaruh 12% saat pengambilan keputusan, sisanya 88% dipengaruhi oleh alam bawah sadar.

Bawah Sadar menangkap KESAN, bukan PESAN..!!
Bawah Sadar menangkap KESAN, bukan PESAN..!!
(sengaja 2 kali)

KEBAIKAN lebih cepat diterima dibanding KEBENARAN.

Contoh nyata, saya punya seorang kawan syi’ah (jelas mengaku), dan Anda tahu pasti bahwa saya bukan syi’ah.

Spesialnya dari kawan syi’ah ini dan orang syi’ah lain yang pernah saya kenal, mereka suka memberi HADIAH dan RINGAN TANGAN jika diminta pertolongan. Bahkan itu menjadi ciri umum orang syi’ah. Coba aja berkunjung ke rumahnya, klepek-klepek Anda dibuatnya.

Menurut saya, secara nalar, wajar jika banyak orang mulai berduyun-duyun mengikuti syi’ah, meski sesat (menurut aliran lain).

Kemudian akhir-akhir ini marak Gerakan Anti Syi’ah. Lepas dari benar atau salah, saya kurang setuju dengan cara gerakannya yang menggemborkan kebencian. Seperti orang yang sedang kasmaran, jika ditentang akan semakin kuat. F Aksi = (-) F Reaksi.

Tentu tak hanya berlaku dalam kasus Syi’ah, tapi juga kasus ‘dakwah’ dan kepemimpinan lainnya.

Trus Apa Cara yang TERBAIK?

Menurut saya lho…
….tunjukkan kesantunan AKHLAK Anda, bukankah itu yang diajarkan para Nabi terhadap orang-orang yang memusuhinya?

Beribu ayat yang Anda ucapkan besar kemungkinan tak membuat mereka berubah, tanpa DELIVERY yang ‘mengenakkan’ mereka. Dan Tentu atas ijin Allah..

“Gak papa Mas J, tugasku hanya menyampaikan, terserah mereka mau terima atau tidak..!!” >> Justru cara penyampaianmu yang ‘Kurang Pas’ membuat gerakan mereka semakin bertumbuh dan gerakanmu semakin dibenci. Lebih baik diam dan perbaiki diri, jika tak bisa menyampaikan dengan cara yang baik. Coba baca ulang sebelum ngeyel.

Bawah Sadar menangkap KESAN, bukan PESAN..!!
(baca ulang sampai paham)

Seorang guru berkata, “Saya mengajarkan kebaikan, bukan kebenaran. Karena kebaikan itu universal, sedangkan kebenaran banyak versinya.”.

Attachment