PERSONAL POWER

12143289_894121723999290_1360712534920131296_n

Adakah salah seorang yang masih hidup yang Anda kagumi dan dengarkan nasehatnya..? Mungkin ayah, ibu, kakak, guru, kyai, bos, mantan atau yang lain. Ingat-ingat kembali saat dia berbicara, apakah Anda merasa, “Koq bener yaa..?! jlebb”. Padahal bisa jadi dia sedang bicara di panggung yang tak kenal Anda secara personal.

 

Kenapa bisa begitu?

Itulah yang disebut induksi Personal Power; seseorang yang diagungkan akan menembus gerbang bawah sadar (trance). Yang dimaksud ‘induksi’ adalah suatu teknik yang membuat lawan bicara terbuka gerbang bawah sadarnya (trance). Selain personal power, ada banyak teknik induksi lainnya. Ada suatu kasus dimana sekelompok internet marketer melakukan copy-paste keberhasilan script copywriting seorang kawan, tapi hasilnya tak sama seperti yang dicontek. Kenapa? Itulah jawabannya, Personal Powernya berbeda.

 

Apakah Personal Power bisa dibangun?

Memang ada personal power yang dikarenakan jabatan, gelar, atau keturunan, seperti anak presiden, artis dan orang ternama/berkuasa. Tapi banyak juga rakyat jelata yang memiliki personal power, karena keilmuan, kesholehan, kedermawanan, dan itu lebih langgeng. Dalam dunia pemasaran online, Anda juga bisa membangun personal power Anda. Tentu saja tidak instan, tapi ada teknik percepatannya, yaitu di-endorse oleh orang-orang yang memiliki personal power yang besar. Namun jika setelah naik ternyata tak sesuai kualitas dengan harapan, akan turun juga ‘maqom-nya’.

 

Yang alami yaitu seringlah berbagi dengan kualitas (ilmu) dan ketulusan. Biarkan orang lain berbicara tentang diri Anda, karena ‘impact’ yang Anda berikan, bukan ‘image’ yang Anda ciptakan. Jika Anda ‘dipercaya’, saat itulah perkataan Anda bak sabda. Seperti teori ‘backlink’ dalam SEO, jika banyak orang yang mereferensikan, maka peringkat Anda di mesin pencari akan naik juga. Bisa jadi suatu saat ada ‘orang besar’ yang menjadi ‘backlink’ Anda, setara direfer oleh 100 orang, ‘boom’, naik peringkat Anda.

 

Aliran copywriting yang saya jalani dan bagikan adalah aliran natural, bukan karbitan. Biarkan keilmuan dan ketulusan menjadi fondasi yang kuat, seperti para wali mengajarkan. Hasilnya bisa jadi lebih lambat, tapi in syaa Allah lebih berkah.

About Author

Jaya Setiabudi

Bukan ustad, bukan motivator, juragan ajah.. | Pengarang buku best seller The Power of Kepepet & Kitab AntiBangkut | Pendiri Young Entrepreneur Academy | Owner Yukbisnis.com | Pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun | Contact person: 082121204555

Attachment