Peta Strategi Toko Online

Jika Anda pebisnis online, mungkin ada mengalami atau mendapat pertanyaan seperti ini:

  • Jualan via facebook, instagram, twitter, penjualan besar, tapi gak stabil.
  • Udah punya web, tapi koq sepi-sepi aja.
  • Atau bingung, perlukah web? Kan jualan via socmed aja udah laris manis..!

Inilah jawabannya.. amati bagan dibawah..

Olshop Strategy

SOCIAL MEDIA seperti instagram, kaskus (forum), twitter, facebook, atau socmed lainnya adalah ibarat stan pameran di mal. Ramai, tapi tidak bertahan lama. Selesai pameran, sepi lagi, omzet menurun.

Coba ingat jaman dahulu, ada ICQ, friendster, tumbang ganti fb, twit, path, insta, dan seterusnya akan tumbuh berganti.

Cuma 1 yang gak usang >> WEBSITE…!

WEBSITE ibarat markasnya bisnis online Anda dan socmed adalah stan pamerannya. Doronglah trafik dari socmed, milis, forum, dan lainnya ke web atau toko online Anda.

Socmed itu leverage-nya WEB, bahkan menjadi bagian dari algoritma google, yang menentukan ‘nongol’ di halaman pertama saat dicari.

Di socmed Anda tak bisa menyimpan DATABASE nama dan email pelanggan, tapi di web Anda bisa, apalagi jika terjadi transaksi. Kumpulkan dan kategorikan guna penawaran-penawaran berikutnya.

Gunakan ‘produk penetrasi’ yang banyak dicari atau mudah dijual dengan promo yang menarik, untuk mendapatkan database pelanggan (yang closing).

Saat database pembeli sudah terkumpul, lakukan email marketing untuk mengundang mereka belanja kembali saat ada promosi. Atau mungkin Anda akan mulai menyusupkan merek buatan Anda sendiri.

Gunanya BLOG? Nah, blog ibarat jendela atau pintu belakang untuk masuk ke markas melalui konten edukasi. Terbukti lebih mudah membuat orang membeli saat dia sudah PERCAYA. Inilah celah BLOG, bagilah manfaat dan orang akan percaya.

Idealnya blog terintegrasi dalam toko online Anda, seperti yang ada di Yukbisnis.com. Ketika orang masuk lewat ‘belakang’ dan nyaman di toko Anda, dia akan melirik apa yang ada di bagian depan.

Saat Toko Online Anda mendapatkan ‘sundulan trafik’ dari socmed, milis, forum, dan blog, maka otomatis toko online Anda akan teroptimasi di mata google. Selanjutnya siap-siap kaget, karena mendapat trafik pelanggan dari orang-orang yang tak dikenal..

Jadi.. yang masih terlena dengan omzet dari socmed yang sesaat, siap-siap merana kemudian atau insyaf dan mulai bangun ‘markasnya’.

Belum punya Toko Online? Silakan buka di www.Yukbisnis.com. Gratis dan pilih tampilan TEMA sesukamu..

Komentar

About Author

Jaya Setiabudi

Bukan ustad, bukan motivator, juragan ajah.. | Pengarang buku best seller The Power of Kepepet & Kitab AntiBangkut | Pendiri Young Entrepreneur Academy | Owner Yukbisnis.com | Pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun | Contact person: 082121204555