RE – PROFILING (2)

Untuk Pemasaran Online

 

12247152_907873999290729_3224761209851596144_n

 

Bukan berarti rumah makan, barber shop, atau usaha retail offline tak perlu pemasaran online. Selama target pasarnya adalah pengguna internet atau media sosial, lebih efektif, efisien dan terukur menggunakan pemasaran online. Perbedaannya hanya di masalah pembatasan geografis saja saat beriklan. Rumah makan tentu membidik target pasar yang berada di radius 5 – 10 km. Selebihnya akan menjadi barrier.

 

Jaman dahulu kala…
Sebelum media sosial ada, internet masih barang mahal, survei dilakukan secara manual.                                    

Jaman serba digital
Survei semakin mudah dan murah. Berikan mereka iming-iming untuk follow dan mention akun socmed bisnis Anda, kemudian obrak-abrik akun medsos mereka. Kalau pengumpulan konsumen Anda menggunakan Fanpage, Anda bisa mendapatkan data demografis, geografis, psikografis secara langsung.

 

Asumsi mereka tak pernah bertatap muka langsung alias order online, maka cara manual Re-Profiling:

• Buka 1 per 1 akun socmed mereka (konsumen Anda). •

• Lihat foto-foto dan TL mereka, kuliah/kerja, cewek/cowok, usia, ketahuan demografis mereka.

• Cek siapa saja yang mereka follow, adakah akun artis, hobi, bisnis atau non personal? Ketahuan interest atau   psikografis mereka.

Behaviour bisa ketahuan dari jam, tanggal, frekuensi order.

Geografis jelas ketahuan dari alamat pengiriman atau stalking di TL.

• Cari kesamaan dari mayoritas data diatas.

 

Hal yang sangat bermanfaat dalam survei online dibanding offline adalah interest. Hal ini bisa anda gunakan sebagai acuan pengembangan produk atau gimmick pemasaran Anda. Contoh: Produsen Kaos Kaki Satuan, Voria Socks, ingin menerbitkan varian desain baru, secara data apa yang akan Langsung Laris?

 

Misalnya dari kesamaan interest (terbanyak) follower Voria Socks, mereka follow akun:

• Agnez Monica

• Cat Lover

Maka jika Voria Socks mendesain kaos kaki bertema kucing, Agnezmo dan yang berhubungan dengannya, insyaaAllah akan langsung laris.

 

Dari data pengiriman (termasuk via reseller), akan ketahuan kota ‘tergemuk’ ordernya dimana. Jika ingin buka outlet fisik dan Langsung Laris, sudah ketahuan dimana lokasinya. Anda juga bisa Re-Profil data kampus (komunitas) mereka, tarik garis merah persamaan ‘kelas sosial’. Bidik akun socmed kampus-kampus tersebut dan yang serupa (seprofil). Langsung Laris..! Gampang kan..?

Seolah magic, tapi bukan magic. Inilah kesaktian database..!!  Database adalah harta karun terpendam. Mungkin Anda sudah memilikinya, tapi belum tahu cara menggunakannya. Silakan obrak-abrik malam ini..

 

“Jangan sibuk obrak-abrik TL mantan, tapi sibuklah obrak-abrik TL pelanggan”

 

Bersambung lagi… –> RE-PROFILING (3)

Komentar

About Author

Jaya Setiabudi

Bukan ustad, bukan motivator, juragan ajah.. | Pengarang buku best seller The Power of Kepepet & Kitab AntiBangkut | Pendiri Young Entrepreneur Academy | Owner Yukbisnis.com | Pengusaha dengan jam terbang lebih dari 15 tahun | Contact person: 082121204555

Attachment